Universitas Muhammadiyah Pontianak Siap Jadi Kampus Bagi Pembisnis Masa Depan

Selama ini yang saya pahami bahwa perguruan tinggi mencetak calon-calon cendikiawan masa depan bagi negeri yang kita cintai ini. Bahwa dulu waktu duduk di bangku kuliah yang terpikir saat akan wisuda adalah bekerja di perusahaan besar dan ternama serta memiliki gaji yang tinggi.

Namun berbeda hal nya dengan Fakultas Agama Islam – Jurusan Manajemen Bisnis Syariah di Universitas Muhammadiyah Pontianak (UMP). Kampus ini berani membuat terobosan bagi mahasiswa nya dengan membuat sebuah webinar kewirausahaan dengan tajuk “Start Your Business Now”. Dalam webinar ini diundang sebagai Narasumber yaitu Edi Suprianto, SE yang merupakan Ketua Komunitas Pelaku Usaha Borneo Istimewa (Bornis) dan juga Fasilitator Kemkominfo RI.

Foto : Webinar Bersama Prodi Manajemen Bisnis Syariah – Fakultas Agama Islam-Universitas Muhammadiyah Pontianak (UMP).

Ketua Program Studi (Kaprodi) Manajemen Bisnis Syariah Bapak M.khairul AnwariS.EI, M.Sc.Fin (Khairul) yang juga seorang pelaku usaha menjelaskan bahwa ia sangat berharap mahasiswa nya memiliki antusias yang besar untuk terjun di dunia bisnis. Untuk kemudian mencari referensi di dunia maya dan menemukan Borneo Istimewa. Dari situlah kemudian Pak Khairul menghubungi nomor WA Ketua Komunitas ini dan mengutarakan maksudnya untuk menjalin kemitraan startegis bagi untuk kegiatan kampusnya maupun program PKM (Pengabdian Kepada Masyarakat) nantinya.

Foto : Pertemuan Bersama Pak Khairul Kaprodi Manajemen Bisnis Syariah FEB UMP.

Al hasil kemudian Pak Khairul mengundang Pak Edi untuk menjadi narasumber dalam webinar bagi mahasiswanya. Dalam webinar tersebut Pak Khairul juga mengundang jajaran dosen pengajar, dan bahkan mahasiswa dari IAIN Pontianak. Tercatat jumlah peserta webinar mencapai 73 orang yang aktif mengikuti webinar ini hingga selesai.

Foto : Mahasiswa Jurusan Manajemen Bisnis Syariah belajar di luar kampus.

Narasumber mengajak semua mahasiswa menjadi pembisnis sejak dari sekarang, sehingga saat selesai kuliah nanti mereka sudah mantab menjalankan bisnisnya. Di masa perkuliahan lah mahasiswa justru harus memulai bisnisnya dan bahkan inilah waktu dimana mereka bisa menghabiskan jatah kegagalan bisnisnya hingga nantinya mereka akan belajar dari kegagalan itu untuk menjadi pembisnis yang lebih baik.

Foto : Kegiatan Perkuliahan di Jurusan Manajemen Bisnis Syariah.

Jurusan Manajemen Bisnis Syariah sendiri dibuka sejak tahun 2019 dan memiliki mahasiswa sebanyak 97 orang yang datang dari berbagai daerah di Kalimantan Barat. Kegiatan perkuliahan dan kemahasiswaannya pun cukup inovatif yang dapat kita lihat di akun instagramnya https://www.instagram.com/official.mbsunmuhpnk.ac.id

Edi Suprianto selaku narasumber dalam webinar tersebut berharap mahasiswa MBS menimba ilmu di kampus dengan serius dan mampu menerapkannya dalam praktek di masyarakat. Baik sebagai profesiona maupun wirausahawan kelak, karena masa depan Kalbar berada di tangan generasi muda daerah ini. Melalui sinergi dengan dunia usaha di harapkan akan melahirkan pengusaha-pengusaha masa depan yang kreatif dan inovatif menjawab tantangan perubahan zaman. (.ed)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×

Powered by WhatsApp Chat

× Bisa Kami Bantu?