Jahe Instan Siliwangi Percantik Kemasan

UMKM Kalbar

UMKM Jahe Instan Siliwangi percantik kemasan dengan desain dan model kemasan yang lebih modern dan elegan. Hal ini diungkapkan Ibu Kusmayati yang juga sekaligus owner dari produk kreatif ini. UMKM asal Desa Radak 1, kecamatan Terentang Kabupaten Kubu Raya ini terus berbenah dan berinovasi untuk tujuan memajukan produk dan usahanya menjawab tantangan masa depan.

 

UMKM Kalbar
Foto : Founder Borneo Istimewa memperkenalkan kemasan baru Jahe Instan Siliwangi

Bu Kus menyampaikan terimakasihnya kepada Borneo Istimewa yang telah memberikan bantuan modal usaha secara cuma-cuma kala itu dan segera beliau gunakan untuk membeli material kemasan. Sudah sejak lama Bu Kus berniat memperbaiki kemasan produknya, dimana sebelumnya ia sudah menerima bantuan mesin untuk memproduksi kemasan dari Pemerintah. Kendala besar yang dihadapinya dalam mengoperasikan mesin ini kala itu adalah ketersediaan listrik di daerahnya.

UMKM Kalbar
Foto : Kunjungan DKPP Kabupaten Kubu Raya dan Politeknik Negeri Pontianak.

Seperti kita ketahui Listrik di Kecamatan Terentang terkendala daya dan waktu, selain daya yang dapat disediakan PLN sangat minim untuk IKM seperti Bu Kus, waktunya pun hanya di batasi setengah hari atau 12 jam di malam hari. Kondisi ini tentu saja membuat bantuan pemerintah berupa mesin kemasan tersebut tidak dapat dioperasikan. Di tahun 2020 Bu Kus kemudian secara swadaya mengeluarkan dana pribadinya senilai Rp. 4 juta agar listrik dapat segera masuk ke rumah produksinya.

UMKM Kalbar
Foto : Bu Kusmayati Dan Kemasan Baru Jahe Instan Siliwangi

Mesin kemasan ini merupakan bantuan yang diberikan oleh Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Kubu Raya kepada Rumah Produksi Jahe Instan Siliwangi. Sementara untuk teknis penggunaannya Bu Kus mendapatkan pelatihan dan pendampingan oleh tenaga ahli dari Politeknik Negeri Pontianak. Dengan kapasitas produksi mencapai 5.450 sachet per hari, kini Bu Kus memiliki lebih dari 20 reseller di seluruh Kalimantan Barat.

UMKM Kalbar
Foto : Mesin Kemasan Jahe Instan Siliwangi

Produk Jahe Istan Siliwangi juga sudah memanfaatkan platform e-commerce serta tersedia di banyak ritel modern di Kalbar. Kini dengan kemasan yang semakin menarik, Bu Kus berniat akan mengembangkan target pemasarannya dengan memperbanyak reseller di berbagai daerah dan juga saluran pemasarannya.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×

Powered by WhatsApp Chat

× Bisa Kami Bantu?