BERSIAP MEMENUHI SERTIFIKASI HALAL MUI

Satu langkah maju bagi para pelaku UMKM anggota komunitas Borneo Istimewa dalam menjawab tantangan kemajuan zaman. Hal ini dirasakan sangat mendesak khususnya bagi para pelaku UMKM karena sertifikasi halal menjadi penting saat mereka akan menjual produk yang dihasilkan ke pasar modern seperti minimarket, supermarket, mall dan sejenisnya. Disamping itu pula para pelaku UMKM memahami bahwa dengan sertifikasi halal ini bertujuan memberikan produk berkualitas yang halal di kosumsi masyarakat di seluruh wilayah Indonesia.

UMKM
Foto : Suasana pelatihan sertifikasi halal

Dalam pertemuan pada tanggal 1 September 2020 Komunitas ini membahas langkah-langkah serta tahapan yang perlu dilakukan UMKM agar mendapatkan sertifikat halal. Di pandu serta diarahkan oleh ketua komunitas yaitu Edi Suprianto, para anggota komunitas mengikuti sesi pertemuan ini dengan antusias dan semangat untuk menjadikan usaha mereka semakin maju. Dalam kegiatan ini juga diisi dengan sharing ilmu dari pelaku usaha yang sudah memiliki sertifikasi halal. Mulai dari tahapan pendaftaran, pelatihan, proses audit hingga penetapan fatwa halal dari MUI di bahas dalam kesempatan ini.

Yang pertama menjadi catatan mendasar dalam pertemuan ini adalah bahwa literasi tentang sertifikasi halal harus dibuka seluasnya kepada masyarakat. Sehingga baik UMKM maupun konsumen memahami manfaat dari label halal tersebut. Karena dengan pemahaman yang benar dan kredibel akan memberikan manfaat yang banyak bari para pelaku UMKM dan masyarakat luas.

Yang kedua para pelaku UMKM mengerti cara mendapatkan label halal, dan apa saja yang perlu dipersiapkan untuk memenuhi didapatkannya label halal ini. Sebelumnya mereka menganggap proses sertifikasi halal ini ribet dan menyusahkan. Namun setelah mengikuti pertemuan ini mereka bertekad akan segera mengurus ke instansi terkait agar segera dapat label halal bagi produk dan usaha mereka.

Yang ketiga tentu saja dengan label halal ini mereka menjadi lebih percaya diri untuk dapat bersaing dengan berbagai industri dan usaha besar lainnya di pasar. Sehingga inilah cara termudah memantaskan diri mereka bersaing dengan produk produksi pabrik atau industri besar lainnya yang dengan mudah menguasai pangsa pasarnya.

UMKM
Foto : Usai Pelatihan Sertifikasi Halal

Semoga produk-produk UMKM Borneo Istimewa semakin diterima luas oleh masyarakat diseluruh Indonesia dan bahkan menembus pasar Internasional. Semua insyaAllah dapat terlaksana apabila semua pihak turut mendukung usaha-usaha memajukan para pelaku UMKM di tanah air seperti halnya Borneo Istimewa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Bisa Kami Bantu?