UMKM AMBANGAH DIKANCAH PERSAINGAN GLOBAL

UMKM Nailk Kelas

Ambangah adalah nama sebuah Desa di kecamatan Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya, dan untuk sampai ke desa ini harus ditempuh dengan penyeberangan sungai kapuas berupa sampan. Kalau pun ditempuh dengan jalan darat maka akan memakan waktu berjam-jam melewati jalur panjang dengan antrian kemacetan angkuta barang ke daerah hulu pontianak dan perkebunan sawit dengan jalan yang relatif belum memadai. Namun dari daerah terpencil inilah lahir pelaku UMKM yang memiliki etos dan semangat untuk maju dan berkembang dengan brand “AMBANGAH”.

UMKM Naik Kelas
Foto : Bersama Pak Deni petugas lapangan bidang pengolahan dan pemasaran hasil perikanan Dinas Perikanan Kabupaten Kubu Raya yang memberikan bimbingan teknis pengembangan Usaha.

Adalah ibu Nursiyah seorang ibu rumah tangga yang kemudian ingin meningkatkan ekonomi rumah tangganya lalu memutuskan untuk menekuni usaha jajanan ringan (snack). Dengan kerja keras dan kesungguhannya 6 bulan silam ia bangkit dan memulai mendandani usaha rumah tangganya untuk dapat dikenal luas di masyarakat. Ibu Nursiyah sadar untuk maju dan berkembang selain ketekunan berproduksi dan memasarkan produknya, ia juga kerap kali mengikuti berbagai kegiatan pelatihan baik yang diselenggarakan oleh Pemerintah maupun swasta.

UMKM Naik Kelas
Foto : Program Pembinaan Wirausaha Pemula oleh Pemkab Kubu Raya tahun 2019

Dengan kesungguhannya mengikuti berbagai kegiatan pelatihan, seminar, workshop dan sejenisnya, lbu Nursiyah membangun jejaring bisnis dan melakukan pengembangan diri agar dapat bersaing di pasar. Selain itu Ibu Nursiyah juga telah mengantongi sertifikat Halal dari BPOM-MUI dengan harapan produknya dapat dijual di ritel-ritel modern di Kalimantan Barat bahkan mampu menembus pasar domestik nasional.

UMKM Naik Kelas
Foto : Program Pelatihan dan Sertifikasi Halal MUI Mitra Binaan UMKM

Kini Ibu Nursiyah terus mengembangkan usahanya melalui kegiatan kerjasama dan kemitraan dengan berbagai pihak serta menjadi inspirasi bagi UMKM di desa Ambangah. Ia telah mampu membuktikan bahwa dengan semangat dan seungguhan dalam berusaha, produknya telah siap berkompetisi di pasar global. Baru-baru ini untuk penyimpanan bahan baku produknya agar menjamin ketersediaannya Ibu Nursiyah mendapat bantuan Freezer dari Dinas Kelautan dan Perikanan sebagai wujud kepedulian Pemerintah kepada para pelaku UMKM di Kalimantan Barat.

UMKM Naik Kelas
Foto : Bantuan Freezer dari Dinas Kelautan dan Perikanan

Ibu Nursiyah turut mengajak para pelaku UMKM di daerahnya untuk naik kelas dan menyiapkan diri dalam menghadapi persaingan global. Ia mengajak semua rekan usaha di daerahnya selain memasarkan produk-produk mereka ke berbagai daerah juga meningkatkan literasi sehingga Value usaha mereka terus bertumbuh. Ia bertekad produk-produk asli desa ambangah semakin luas dikenal dan diminati masyarakat di seluruh penjuru Indonesia dan mengenalkan kreatifitas warga desa Ambangan ke dunia global. (.Ed)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Bisa Kami Bantu?