DIGITALISASI UMKM

Public Speaker
Digitalisasi UMKM

Sebagai pembicara dan suatu seminar yang selenggarakan oleh BFI Finance di Hotel Golden Tulip Pontianak, Edi Suprianto sebagai salah satu pembicara menekankan pentingnya para pelaku UMKM untuk Go Digital. Perlahan tapi pasti semua pelaku bisnis besar dan kecil akan bertransformasi menuju digitalisasi usaha melalui pemanfaatan teknologi internet. Namun demikian para pelaku usaha perlu belajar memanfaatkan teknologi informasi yang tepat guna dengan kebutuhan bisnisnya karena tidak semua platform digital akan memberikan manfaat. Dalam kesempatan seminar yang bertajuk #SelaluAdaJalan ini Edi menyampaikan tentang makna strategis pemanfaatan teknologi internet, baik itu media sosial maupun platform e-commerce dan website. Kesemua platform tersebut memiliki karakteristik yang berbeda dan keunikannya sendiri-sendiri sehingga para pelaku bisnis dibuka wawasannya tentang strategi penggunakan teknologi internet bagi dunia usaha.

Edi yang juga pelaku usaha menuturkan selama ini banyak para pelaku usaha yang menggunakan jasa digital marketing swasta namun tidak melakukan monitoring sehingga acapkali feedback nya terasa lemah. Untuk itu para pemilik bisnis (business owner) harus juga memiliki pengetahuan yang cukup tentang pemanfaatan teknologi internet bagi usahanya. Globalisasi ditandai dengan pemanfaatan teknologi informasi bagi dunia usaha, sehingga kini siapa saja dapat menjual produknya ke seluruh dunia tanpa batas. Data ekonomi nasional sendiri mencatat bahwa lebih dari 60% GDP nasional merupakan sumbangsih dari para pelaku UMKM.  Ini menunjukkan semakin jamaknya para pelaku bisnis menggunakan media internet untuk bisnisnya dan meninggalkan cara-konvensional yang terbilang mahal dan perlu biaya besar.

Sebagai penutup dari materi yang disampaikan, Edi mengutarakan niatnya untuk membangun platform e-commerce khusus untuk produk-produk UMKM. Inisiasi ini dia sebut sebagai Agregator UMKM yang nantinya akan memberi manfaat langsung kepada para pelaku UMKM di Kalimantan Barat. Niat ini tentu saja ditunjang dengan antusias investor untuk mendukung rencana ini dan potensi yang akan diraih kedepan dalam menghadapi revolusi industri 4.0.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Bisa Kami Bantu?