Borneo Istimewa Sukses Gelar Literasi Digital Bagi UMKM

Literasi Digital Pontianak

Sabtu 7 Juni 2021 bertempat di Aula Gedung UMKM Center Pontianak, komunitas UMKM Borneo Istimewa menggelar literasi digital berjudul “Transformasi Digital Bagi Pelaku Bisnis UMKM di Kota Pontianak”. Dalam acara ini Borneo Istimewa menggandeng LKP Yale Communication, PT Pegadaian Area Kalbar, Indosat, dan Shopee.

Literasi Digital
Foto : Pembukaan dan arahan Founder Komunitas UMKM Borneo Istimewa

Acara berlangsung mulai pukul 08.30 WIB dan tuntas pada pukul14.00 WIB dengan sejumlah materi yang bermanfaat bagi para pelaku usaha. Founder Komunitas UMKM Borneo Istimewa yang juga telah berpengalaman dalam dunia digital marketing yaitu Edi Suprianto (Mas Edi) menuturkan bahwa sudah saatnya UMKM Borneo Istimewa secara bertahap menuju digitalisasi bisnis. Digitalisasi UMKM selaras dengan program pemerintah yang telah di canangkan secara nasional yaitu “Indonesia Makin Cakap Digital”.

Literasi Digital
Foto : Mas Edi sampaikan pentingnya UMKM cakap digital.

Mas Edi (sapaan akrabnya) mengajak setiap UMKM untuk mengadaptasi teknologi digital untuk usahanya guna menjawab tantangan perubahan zaman kedepan. Untuk itu Mas Edi yakin dengan bersinergi dengan semua stake holder yang ada di daerah maupun nasional maka UMKM akan semakin cakap digital.

Literasi Digital
Foto : Team LKP Yale Communication dampingi peserta.

Mas Edi meyakinkan semua peserta bahwa memiliki website adalah salah satu cara efektif untuk membangun kemajuan bisnis di masa mendatang. Dalam rangka itulah Borneo Istimewa akan menjadi motor penggerak bagi para pelaku UMKM di Kalbar akan secara bersama menyongsong Indonesia sebagai Digital Nation.

Literasi Digital
Foto : Bang Arya dari perwakilan Shopee Pontianak.

Dalam acara ini hadir sebagai pemateri adalah Bapak Ferianto, Rahmad, Galih, dan Aldi dari LKP Yale Communication yang menyampaikan edukasi tentang penggunakan aplikasi canva dan membuat website untuk usaha. Dalam materi ini selain diberikan teori juga praktek dan pendampingan langsung kepada para peserta.

Literasi Digital
Foto : Bpk Alfuad dari PT Pegadaian Area Kalbar.

Tak ketinggalan Bang Fuad dari PT Pegadaian Area Kalbar, Mbak Dwi dari PT Indosat Ooreedo dan Bang Arya dari Shoopee memberikan bermacam muatan digitalisasi bagi para peserta. Sponsor juga memberikan doorprize dan layanan aktivasi secara gratis, mudah juga cepat bagi peserta yang hadir.

Literasi Digital
Foto : Bang Suwandi perkenalkan teknologi registrasi peserta menggunakan barcode.

Dalam acara ini juga Panitia memperkenalkan teknologi registrasi digital menggunakan Barcode sehingga peserta tidak perlu mengisi buku tamu atau menandatangai formulir cetak saat hadir. Cukup dengan scan / memindai barcode di meja registrasi kemudian peserta bisa langsung masuk ke dalam tempat acara dan tidak terjadi antrian. Inovasi ini merupakan hasil karya Bang Suwandi sehari hari berprofesi sebagai Senior Area Manager di Zurich Insurance Pontianak. Petugas registrasi Bang Mukhlis juga mengaku sangat terbantu dengan teknologi ini dan mempermudah tugasnya untuk mendata peserta yang hadir dalam acara literasi digital ini.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×

Powered by WhatsApp Chat

× Bisa Kami Bantu?