KELAS GRATIS GAPURA DIGITAL DAN WOMENWILL

Google

Sudah sejak tahun 2017 silam program pelatihan Gapura Digital hadir di Kota Pontianak. Dan hingga tahun 2020 ini Gapura Digital dan Womenwill masih terus eksis menghadirkan pelatihan Digital Marketing bagi para pelaku UMKM di Pontianak dan sekitarnya. Program pelatihan ini di selenggarakan secara gratis dengan mendaftarkan diri melalui link yang telah disediakan. Dan para pelaku UMKM Pontianak telah banyak merasakan manfaat langsung dari program ini.

Pelatihan Digital Marketing yang di inisiasi oleh Google melalui vendornya Accenture Indonesia hadir di sejumlah kota besar lainnya dan mendapatkan antusias peserta. UMKM yang sebelumnya sangat awam dengan digital marketing kini dapat mempelajarinya serta menerapkan dalam bisnis yang dimilikinya. Sementara para Fasilitator yang menyampaikan materi pelatihan di rekrut dari para pelaku usaha dan praktisi digital marketing di Pontianak.

Google
Foto : Kelas Google Gapura Digital

Peserta dapat memilih untuk mengikuti kelas pelatihan reguler dengan venue di Hotel Neo Pontianak atau ditempat lain yang dianggap menarik melalui program pelatihan kelas partnership. Untuk kelas partnership, komunitas UMKM dapat mengundang para fasilitator dan pengelola program Gapura Digital dan WomenWill untuk hadir di berbagai Kota atau Kabupaten di Kalimantan Barat.

Hingga tahun 2020 sudah hampir semua Kota dan Kabupaten di Kalimantan Barat di kunjungi program ini. Dan semua pesertanya sangat senang dengan literasi yang di sampaikan oleh Gapura Digital dan WomenWill. Sebanyak 14 modul yang ditawarkan oleh program ini telah mampu mengembangkan UMKM untuk bertransformasi menjadi UMKM Go Digital. Digitalisasi bisnis sudah tidak bisa di tawar- tawar lagi untuk dapat bersaing di era digital seperti sekarang ini.

Fasilitator Gapura Digital dan WomenWill secara berkala harus mengikuti Train To Trainers (TTT) untuk meng-update module yang akan disampaikan ke peserta. Selain itu melalui TTT para fasilitator juga mengikuti post test untuk mengetahui sejauh mana pemahaman fasilitator selama mengikuti TTT. Didalam TTT juga dilakukan roleplay dalam memberikan penyampaian materi di depan kelas.

Google
Foto : Gapura Digital di tahun 2018

Output dari program ini secara komprehensif adalah penerapan aplikasi digital yang bermanfaat untuk usaha para pesertanya. Pertama peserta dapat menampilkan usaha yang dimilikinya pada Google Maps dengan mengunduh aplikasi Google My Business (GMB) dan penggunaan fitur-fiturnya. Kedua peserta pelatihan ini dapat memanfaatkan aplikasi pendukung lainnya seperta GMail, Google Calendar, Youtube dan Optimalisasi S.E.O/S.E.M melalui platform search engine Google. Ketiga Sebagai modul pengembangan juga di sampaikan tentang copywriting, Google Ads, Google Analytics dan konten digital marketing lainnya.

Pontianak dan kota kabupaten sekitar nya beruntung karena menjadi 1 dari 14 kota di Indonesia yang menjadi tujuan program ini dari Google. Sehingga semua pelaku UMKM di Kota Pontianak dan sekitarnya harus memanfaatkan untuk mengikuti program ini dengan harapan memberikan manfaat yang optimal bagi kemajuan usahanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *